Selasa, 13 Maret 2012

Membuat Alamat E-mail

Cara Membuat Email
Account e-mail merupakan identitas didunia maya, dan dapat dikatakan wajib dimiliki agar dapat melakukan berbagai layanan internet (kecuali apabila kita hanya mebuka atau menjelajahi berbagai situs saja, tidak diperlukan alamat e-mail)
Untuk memiliki account e-mail saat ini tidaklah sulit, sangat banyak yang menawarkan free web mail dengan kapasitas yang sangat besar dan bahkan mengijinkan pengguna untuk mengambil e-mail kekomputer dengan metode POP (Post Ofiice Protocol) dan/atau IMAP dan mengirimkan e-mail melalui SMTP  (Simple Mail Transfer Protocol) server mereka.
Beberapa penyedia alamat e-mail yang dapat digunakan dan gratis antara lain :
Free Email :
GMail, Yahoo! Mail, Hotmail, UES Webmail,TelkomNet, dan masih banyak lagi lainnya.

Membuat Account Gmail :

1.Masuk ke situs Google, klik disini ,Klik Sign up for Gmail
2.Halaman Pendaftaran terbuka, kita diminta untuk mengisi seluruh data diri :

  • Nama (first name dan last name),
  • Login name (login name ini yang akan menjadi alamat email, harus diisi minimal 6 kharakter yang terdiri dari a-z atau 1-9, angka/huruf kecil), klik check availability, yaitu untuk check apakah nama yang diisi telah ada yang menggunakan,apabila nama yang diisi telah ada yang menggunakan, kita akan diminta mengisi nama lain, ulangi lagi mengisi dan klik check, hingga nama yang diisi diterima.
  • Choose a password, password ini berguna sebagai password saat kita akan membuka e-mail, Re-enter password, ulangi sekali lagi password yang telah kita isi tadi.
  • Security Question, isi saja, boleh juga tidak Secondari email, boleh diisi apabila kita memiliki email lain, atau boleh juga tidak, Location, isi lokasi dimana negara kita berada, misal Indonesia
  • Word Verification, ketik angka atau huruf yang ditampilkan pada kolom dibawahnya
  • Klik I accept Create my account, Selesai, anda telah memiliki alamat e-mail dari Gmail.
  • Selesai, anda telah memiliki Account Gmail !
Untuk melihat halaman (klik), Sign in dengan menggunakan login name yang telah kita isi tadi dan kemudian isi password. Setelah terbuka akan terlihat halaman alamat email (webmail) yang kita buat, dan dari sini kita dapat mengirim (compose) email, melihat email masuk pada kotak inbox dll

Membuat Account Yahoo

1.Masuk ke situs Yahoo! Mail, klik disini
2.Halaman Pendaftaran terbuka, pengisian tentang data diri yang diminta mungkin berbeda pada masing-masing email.

  • Pada kolom Tell us about yourself, isi kolom My Name, Gender (Jenis Kelamin), Birthday (tahun,bulan,tgl), I live in (negara mana anda tinggal, isi Indonesia), Postal code (isi jika tau atau apa saja)
  • Pada kolom Yahoo! ID and Email, isi nama yang akan menjadi nama alamat email yang kita inginkan, isi password dan ulangi lagi sama seperti password sebelumnya.
  • Pada kolom In case you forget your ID or password, ini diperlukan apabila sewaktu-waktu kita lupa ID atau password, dapat kita laporkan dan pertanyaan security question dan  your answer yang akan ditanyakan (boleh tidak diisi)
  • Selanjutnya isi kolom dibawah dengan huruf atau angka yang terdapat pada kotak kolom yang terdapat dibawahnya, setelah selesai check a gree dan klik Create My Account.
  • Selesai, anda telah memiliki Account Yahoo !

Sebelum menggunakan email yang telah dibuat, disarankan baca juga tulisan mengenai Penulisan Email, Melakukan Reply yang Disarankan, Mengenal Cc Bcc  Ketika Mengirim Email
Apabila ingin mengetahui lebih lanjut layanan e-mail apa saja yang tersedia, cari di situs yang menginformasikan ratusan layanan e-mail dengan  mengunjungi situs [klik disini]  , terdapat juga panduan untuk penggunaan e-mail, membuat e-mail dll.
Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar