Selasa, 13 Maret 2012

Mengenal Cc, Bcc : Ketika Mengirim Email

Memahami Fungsi & Tujuan Cc dan Bcc Ketika Mengirim Email
Ada kalanya kita mengirimkan email dengan beberapa kondisi pengiriman yang berbeda,
misalnya:
  • Mengirimkan email kepada satu orang
  • Mengirimkan email untuk beberapa orang sekaligus, atau
  • Mengirimkan email kepada seseorang/beberapa orang   sekaligus dan juga mengirimkannya sebagai terusan untuk penerima lain.
Ketika mengirimkan email, salah satu kolom isian yang harus diisi adalah penerima. Ada beberapa pilihan isian antara lain: To:, Cc:, dan Bcc:. Namun, seringkali tidak banyak yang memaksimalkan fungsi-fungsi tersebut.
Perbedaan dari ketiga istilah diatas :
  • To: Disinilah kita mengetikkan alamat tujuan pengiriman email. Kita dapat mengirimkan sebuah alamat email saja, atau sekaligus beberapa alamat. Setiap alamat email bisa dipisahkan dengan tanda koma (,). Misalnya: penerimasatu@domain.com, penerimadua@domaindua. com, dan seterusnya. Dalam konteks tersebut, penerima satu dan dua akan tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.
  • Cc: Merupakan kependekan dari “Carbon Copy”. Ini mirip dengan istilah pertama diatas. Bedanya terlihat pesan kepada siapa email utama ditujukan; dan kepada siapa salinan email juga akan dibaca. Penerima yang dituliskan dalam kolom To: akan dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya. Penggunaan seperti ini biasanya digunakan ketika kita ingin memberitahukan pihak lain ketika kita mengirimkan email kepada penerima utama.        Contoh: Saya ingin berkirim email kepada Pak A , dan saya ingin pula Pak B menerima salinan email tersebut. Pak A tahu bahwa email saya juga dikirimkan ke Pak B (sebagai salinan), dan begitu juga sebaliknya.
  • Bcc: Kependekan dari “Blind carbon copy”. Sedikit berbeda dengan Cc: seperti dijelaskan diatas. Disini, semua penerima yang dituliskan dibagian Bcc: tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan. Seolah-olah, email tersebut dikirimkan satu per satu ke setiap penerima. Padahal, kita hanya mengirimkan satu kali, langsung kebeberapa penerima. Satu-satunya alamat email lain yang terlihat adalah alamat email pada kolom To:. Untuk menghindari supaya tidak ada alamat email lain yang terlihat (selain alamat email Anda sendiri), Anda bisa memasukkan alamat email Anda sendiri pada kolom To:, kemudian masukkan alamat email penerima lain dalam kolom Bcc:.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar